iSimpang siur tentang kenaikan BBM kini berada dipuncaknya. Sidang paripurna DPR yang merupakan kunci naik atau tidaknya BBM ternyata malah terfokus pada kasus BLSM untuk masyarakat miskin.

Demo berlangsung diberbagai daerah di Indonesia, yang menandakan sebagian besar masyarakat Indonesia menolak naiknya harga BBM semakin diperparah dengan kericuhan-kericuhan yang terjadi. Menurut saya, hal ini terjadi karena mereka kurang tau alasan mengapa pemerintah menaikkan harga BBM.  Jika saja pemerintah lebih transparan mungkin tidak akan terjadi hal seperti ini.

Memang kemungkinan masyarakat golongan menengah kebawah juga akan terkena dampak dari naiknya harga BBM ini. Mereka akan terbebani dengan melonjaknya harga kebutuhan pokok yang akan naik seiring dengan naiknya harga BBM.  Menurut saya, BLSM juga kurang menjawab dari permasalahan ini, karena masyarakat menengah kebawah yang mendapatkan dana BLSM itu juga kurang bisa memanfaatkannya. Mereka hanya seperti dibiayai oleh pemerintah selama dana BLSM itu diterimanya.

Lain halnya dengan pemberian modal dan ketrampilan kepada masyarakat menengah kebawah. Hal ini akan lebih berhasil untukmeningkatkan taraf hidup masyarakat. Karena dari pemberian pelatihan – pelatihan akan meningkatkan ketrampilan masyarakat untuk bisa mengelola dana/modal yang diberikan oleh pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s